Profile – Renata Lim, Dipl.Mus

RENATA LIM, DIPL.MUS – Director & Head of Vocal Department

Belajar vocal pertama kali pada Sari Indrawati. Pada tahun 1973, ia melanjutkan studi vokalnya di Hochschule der Kunste, Berlin, dibawah bimbingan Prof. Dr. Herbert Brauer dan Prof. Ingrid Figur. Untuk meningkatkan pedalaman vocal, ia juga mengikuti interpret Course di Italia di bawah bimbingan Prof. Iris Coradetti pada tahun 1981. Pernah memainkan opera antara lain Le Nozze di Figaro (Mozart) sebagai Susanna, Die Zauberflote (Mozart) sebagai Pamina, Turandot (Puccini) sebagai LIu, Hansel und Gretel (Humperdinck) sebagai Sandmannchen dan Taumannchen, serta sebagai solis dalam karya-karya oratorio seperti H-Moll Mass (Bach), Ein Deutsches Requiem (Brahms),  Johannes Passion (Bach), dan lain lainnya.

Pada tahun 1982, ia kembali ke Indonesia, mulai memperkembangkan seni vocal di tanah air. Tahun 1986 ia  mendirikan Eliata Choir  yang beranggotakan murid – muridnya sendiri, dan pada tahun yang sama atas prakarsa Pdt. Dr. Stephen Tong membidani berdirinya Jakarta Oratorio Society. Pada tahun 2000 yang lalu, ia menjadi salah satu juri dari Asian Vocal Competition di Singapore. Saat ini memimpin Sekolah Musik Musicorum.

Beliau juga aktif mengadakan resital resital baik di dalam maupun luar negeri seperti Resital Concert di Jakarta, Surabaya, menjadi solis pada konser-konser dari Jakarta Oratorio Society, resital di Amerika, Australia, dan tempat-tempat lainnya.

Beliau juga aktif mengajar baik di sekolah musik maupun di seminari-seminari. Banyak dari murid- murid beliau yang telah berhasil melanjutkan studi vocal ke luar negeri di universitas-universitas musik di seluruh dunia,seperti Hanny Huang (lulus dari China dan Perancis, saat ini menjadi performer di Canada), Sylvia Wiryadi (lulus dari Jerman), Cheryl Eunike (lulus dari Amerika dan sekarang mengajar di China), Sarita Wurangian (lulus dari Korea, dan mastercourse Salzburg, Austria ), Cindy Tannos (lulus dari Korea), Esther Darmahkasih (sekarang studi di Amerika, terpilih sebagai finalis 10 besar dalam kompetisi vokal), Susan Chandra (mastercourse Salzburg, Austria, dan terpilih untuk tampil di Mozarteum membawakan lagu Queen of Night karya W.A.Mozart ), Fenny Atmodjo (menjadi performer dan pemimpin paduan suara di Australia), Lavinia Mandela (mastercourse Salzburg, Austria), Jenny Intan (lulus ABRSM).

Advertisements